Jenis kegiatan : Focus Group Discussion
Output :
a. Siswa sebagai pusat pembelajaran, materi dari siswa oleh siswa dan untuk siswa.
b. Melatih tanggung jawab serta kemampuan leadership siswa.
c. Melatih publik speaking siswa, agar terbiasa melakukan presentasi di depan publik dengan membawa tema berbobot.
Waktu : 3 x pertemuan
Tahap Kegiatan :
1. Making a Group
a. Proses pembentukan kelompok di pimpin oleh ketua & sekertaris kelas. (Mr Fandy bebaskan menggunakan sistem apapun dalam pembagian kelompok)
b. Siswa membentuk kelompok beranggotakan 3 siswa ( jika ada lebih boleh ada yg beranggotakan 4 siswa), setelah kelompok terbentuk harap menentukan leader masing2 kelompok.
c. Khusus siswa yang tidak hadir, harap tidak di masukan dlm grup. Grup yang terbentuk hari ini hanya siswa yang hadir saja.
d. Bagi siswa yang tidak hadir, akan di buatkan kelompok oleh Mr Fandy pda kloter berikut nya.
2. Observasi
Siswa membuat satu project karya tulis yang berisi rangkuman materi ttg report text
Isi materi :
a. Pengertian report text
b. Struktur report text
c. Unsur kebahasaan
d. Ciri ciri report text
e. Contoh ( min. 1)
Notes :
a. Isi materi point (a-d) boleh di tulis menggunakan bahasa Indonesia, khusus point (e) wajib menggunakan bhs Inggris.
b. Perkelompok hanya membuat 1 project dan di tulis dalam 1 buku tulis yang di jadikan buku kelompok.
c. Jangan lupa mencantumkan nama kelompok serta nama siswa (member of group) khusus leader posisi nama ditulis paling atas.
d. Guru memberikan kemerdekaan mutlak untuk siswa dalam melakukan observasi materi, silahkan menjelajahi berbagai sumber yang ada, seperti: Buku,Media masa maupun Google.
3. Presentasi
Siswa per kelompok mempresentasikan materi report text di depan kelas sesuai dgn urutan yang sdh di tentukan bersama guru.
Tata cara presentasi :
Durasi : 10-15 mnt/group
Susunan :
- Opening
- Introduction
- Pemaparan materi
- Tanya jawab
- Clossing
Notes :
a. Undian maju di tentukan bersama guru.
b. Siswa harus memahami materi dengan baik agar presentasi bisa maksimal.
c. Setiap siswa dalam satu kelompok harus berbicara/ikut andil mempresentasikan saat presentasi tanpa terkecuali.
4. Conclusion & Evaluation
Merupakan refleksi dari guru untuk semua progres dan pencapaian yang sudah di dapatkan siswa dari awal hingga tahap presentasi. Guru meluruskan materi dan mengarahkan siswa menuju kesimpulan dari pembelajaran.
5. Exam
Tahap akhir yang berisi tugas secara tertulis untuk mengetahui sejauh mana siswa bisa menyerap materi report text dengan metode focus group discussion.
#englisheasy
#englishfun
#students_as_a_center
#MerdekaBelajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar